Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Griya Pendopo Ciherang Sentul: Review Harga Penginapan | Tiket Masuk & Lokasi

Griya Pendopo Ciherang Sentul... 

adalah salah satu penginapan kekinian yang mengusung konsep budaya jawa dan nature sekaligus beberapa spot foto yang menarik.

bagi kamu yang tengah mencari tempat unik sekaligus penginapan di wilayah Bogor bisa baca artikel ini lebih lanjut.

griya pendopo ciherang sentul
selain menawarkan penginapan, ditempat ini kamu akan dibuat terpesona dengan pemandangan view alam yang begitu menyegarkan karena disekelilingnya terdapat banyak pepohonan.

tidak hanya itu saja, disediakan pula berbagai fasilitas menarik seperti kolam renang dan cafe yang akan membuat pengunjung semakin nyaman.

kali ini idnwisata ingin mengajak kamu untuk mengintip seperti apa sih griya pendopo ciherang ini dan kami juga sudah merangkum beberapa info penting seperti harga tiket masuk, harga penginapan, sampai alamat serta rute menuju lokasi.

pasti kamu penasaran kan?

makanya siapkan kopi kemudian baca artikel ini untuk beberapa menit kedepan.

Griya Pendopo Ciherang Sentul

griya pendopo ciherang

setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam menghabiskan waktu liburan, ada yang hanya tiduran di rumah, ada yang main game dan ada yang mengunjungi tempat-tempat menarik.

namun, liburan akan semakin terasa menyenangkan jika kamu habiskan dengan melakukan aktivitas yang menarik seperti mengunjungi tempat wisata misalnya.

kali ini ada sebuah tempat wisata sekaligus penginapan yang tengah viral di media sosial yaitu pendopo ciherang sentul. tempat ini sendiri baru mulai beroperasi pada bulan Juli 2020 namun sekarang sudah mulai ramai dengan pengunjung yang memadati setiap area.

lantas apa sih yang menarik dari tempat ini?

akhir-akhir ini tempat tersebut kerap menjadi perbincangan warganet di media sosial, itu terbukti dengan banyaknya foto dan video youtube yang bisa anda cari di google.

apabila kamu belum pernah mengunjungi tempat ini, pasti penasaran dengan daya tarik yang dimiliki tempat ini kan?

untungnya idnwisata sudah merangkum beberapa daya tarik yang bisa kamu baca dibawah ini.

1. Pemandangan yang Menyegarkan

apabila kamu pernah menginap di villa tentu sudah tidak asing dengan suasana yang disajikan, sama halnya di tempat ini karena menawarkan suasana khas pegunungan dimana banyak pepohonan rindang yang mengelilinginya dan udaranya yang segar serta asri.

lebih menarik lagi, tepat di samping penginapan ini terdapat aliran sungai yang airnya begitu jernih dari sini kamu bisa terhibur dengan suara air yang gemericik.

2. Bentuk Bangunan Penginapan yang Instagenic

ditempat ini terdapat 5 tipe penginapan yang bisa kamu pilih dari yang harganya murah sampai yang termahal. namun, setiap bangunan penginapan ini memiliki tipenya sendiri-sendiri.

ada yang bertipe minimalis, kemudian tipe Joglo, sampai tipe ala adat minang yang mana berupa rumah panggung 2 lantai. terlebih warna bangunanya dibiarkan di dominasi dengan warna kayu sehingga nampak menyatu dengan alam disekitarnya.

3. Tidak Wajib Menginap

walaupun pada dasarnya griya pendopo ciherang ini adalah sebuah penginapan tetapi pengunjung yang ingin menikmati view alam ditempat ini tidak diwajibkan untuk menginap lho.

selain itu, pada bagian dalam area juga disediakan kolam renang dan cafe yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai sekaligus menyantap hidangan yang disediakan.

4. Spot Fotonya Instagramable

rasanya sebuah tempat kekinian tidak akan afdol jika tidak memiliki sebuah spot yang instagramable, untungnya bagi kamu yang memiliki hobi hunting foto tidak perlu khawatir karena sudah disediakan berbagai spot menarik.

ada berbagai spot yang kerap digunakan pengunjung untuk berfoto seperti cafe yang berada di pinggir sungai, jembatan kayu yang berada di samping sungai, sampai sebuah pendopo yang didalamnya terdapat berbagai ukiran khas Jawa sampai Wayang Kulit.

5. Menu yang disediakan Bervariasi

pada bagian cafe kamu akan menemukan berbagai macam menu yang bisa kamu pilih dan untuk harganya juga masuk akal alias tidak over price.

hanya saja kekuranganya menurut ulasan beberapa pengunjung kordinasi dan pelayanan di cafe tersebut masih perlu banyak dibenahi.

bagaimana tertarik untuk datang ke pendopo ciherang ini, tetapi sebelum kamu terburu-buru sebaiknya baca terlebih dahulu beberapa informasi lanjutan dibawah ini ya.

Suasana Pendopo Ciherang

giya pendopo ciherang sentul harga

Kota yang dikenal sebagai Kota Hujan ini dari dulu memang terkenal dengan pemandangan yang disajikan, terbukti banyak villa dan penginapan yang berdiri di kota tersebut.

ketika pertama kali kamu memasuki pintu masuk sudah akan disambut dengan suara gemericik air dari kejauhan dan sejuknya view di mata.

kemudian setelah kamu membayar biaya retribusi yang diperlukan sekarang kamu sudah bisa bebas untuk mengeksplorasi setiap sudut dari tempat ini.

suasana di tempat ini sangat tenang dengan setiap area yang tertata rapi dan bersih, suasananya sangat cocok untuk kamu yang ingin rilex dan refreshing dari hiruk pikuk perkotaan.

meskipun pada dasarnya tempat ini hotel pengunjung tidak perlu khawatir karena tempat tersebut tidak mewajibkan untuk menginap, sebaliknya kamu bisa bersantai menikmati pemandangan atau berjalan-jalan disetiap area mencari spot yang bagus.

yang menarik, terdapat sebuah jembatan panjang yang melintas disepanjang aliran sungai berbatu, jembatan ini sendiri terbuat dari kayu dan pada bagian tepinya dipasangi teralis sehingga cukup aman dilintasi anak-anak.

dijembatan ini kamu bisa melihat aliran sungai yang airnya jernih serta cukup deras dan jika mau kalian bisa turun dan bermain air sejenak.

kemudian pada bagian atas kamu bisa melihat berbagai macam bangunan unik berwarna merah kayu dan joglo, itu adalah penginapan ditempat ini. yang paling menarik adalah sebuah penginapan berbentuk panggung yang mirip dengan rumah adat minangkabau.

sementara itu pada bagian bawah terdapat sebuah kolam renang cukup besar yang pada bagian tepinya terdapat tempat duduk berjejer, kolamnya sendiri adalah kolam renang campuran dan jika kamu ingin berenang nantinya akan dikenakan biaya tambahan lagi.

tetapi yang membuat saya sedikit bertanya-tanya adalah mengenai biaya tiketnya yang sampai Rp 30.000/orang ketika artikel ini ditulis.

jika tiket tersebut untuk view saya pikir view tersebut terkesan kurang dengan harga tiketnya, apalagi dengan wahana seperti kolam renang, cafe, serta penginapan pengunjung nantinya akan dikenakan biaya lagi. terlebih pengunjung tidak mendapatkan karcis atau bukti pembayaran tiket masuk.

bahkan sekelas chevilly resort and camp  yang memiliki penginapan sekelas hotel bintang 3 hanya mengenakan biaya tiket sebesar Rp 20.000 saja dan spot fotonya juga lebih bagus dan lebih banyak.

untuk cafe dan restoranya sepertinya pihak pengelola betul-betul belum siap dengan ini, banyak pengunjung yang sedikit kecewa karena tidak terdapat buku menu dan hanya berupa kertas yang di laminating yang tentu saja untuk sekelas penginapan besar itu sangat kurang.

apalagi ketika pengunjung membayar makanan tidak diberikan struk yang tentu saja pengunjung bertanya-tanya berapa sih harga makanan ini dan berapa persen sih tax nya dll.

Daftar Harga Menu

sayangnya sampai artikel ini ditulis pihak pengelola belum menyediakan buku menu sehingga tim kami kesulitan untuk mencari daftar menu di cafe pendopo ciherang.

tetapi, kedepanya apabila sudah tersedia akan segera kami update.

Harga Penginapan

harga griya pendopo ciherang sentul

tersedia berbagai tipe kamar yang bisa kamu pilih dari untuk 2 orang sampai keluarga yang menampung 4 orang,untuk penginapan yang disediakan oleh tempat ini terdapat 5 jenis dari yang paling murah yaitu Rp 950.000/malam sampai dengan Rp 1.850.000/malam.

apabila kamu ingin melihat daftar lengkapnya silakan cek rangkumanya dibawah ini.

1. Rumah 1 Harga Rp 950.000 Untuk 2 Orang

  • 1 bedroom
  • 1 bathroom inside
  • breakfast
  • lunch
  • dinner

2. Rumah 2 Harga Rp 950.000 Untuk 2 Orang

  • 1 bedroom
  • 1 bathroom inside
  • breakfast
  • lunch
  • dinner

3. Rumah 3 Harga Rp 1.850.000 Untuk 4 Orang

  • 1 bedroom upstairs
  • 1 bathroom outside
  • breakfast
  • lunch
  • dinner

4. Rumah 4 Harga Rp 1.350.000 Untuk 4 Orang

  • 2 bedroom
  • 1 bathroom inside
  • breakfast
  • lunch
  • dinner

5. Rumah 5 Harga Rp 1.350.000 Untuk 4 Orang

  • 2 bedroom
  • 1 bathroom inside
  • breakfast
  • lunch
  • dinner

*Note : semua harga penginapan diatas belum termasuk dengan Tax 10%

bagaimana jadi sudah bisa memperkirakan uang yang akan kamu keluarkan nantinya kan ketika ingin menginap ditempat ini?

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

harga tiket griya pendopo ciherang sentul

seperti halnya tempat yang menawarkan pemandangan view alam lainya tempat ini juga mewajibkan biaya retribusi kepada setiap pengunjung.

adapun harga tiket masuk pendopo ciherang adalah sebagai berikut

  • Dewasa Rp 30.000/orang
  • Anak Rp 25.000/anak
  • Keluarga Rp 90.000/keluarga

selain itu jika kamu berniat untuk berenang di kolam renang yang terdapat di dalam area nanti akan dikenakan biaya tambahan sebagai berikut.

  • Dewasa Rp 60.000/orang
  • Anak Rp 55.000/anak

bagaimana cukup luar biasa bukan harganya?

sedangkan jika kamu berniat untuk mampir jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jam operasional dari tempat ini, untungnya karena tempat ini pada dasarnya adalah penginapan tempat ini dibuka setiap hari 24 jam.

tetapi jika niat kamu bukan untuk menginap melainkan hanya sekedar berkunjung sebaiknya datang ketika siang hari antara jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Alamat dan Kontak


alamat griya pendopo ciherang ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.

lokasinya sendiri cukup berdekatan dengan Pariwisata Curug Tumbu Hejo sehingga banyak pengunjung yang penasaran dan mampir ke tempat ini sebelum ke curug tumbu hejo.

selain itu jarak tempat ini dari pusat Kota Bogor kurang lebih 22km yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama 1 jam dan sebagai patokan ketika mengunjungi tempat ini kamu akan melewati beberapa tempat wisata lain seperti Taman Budaya Sentul City kemudian melewati Sentul Nirwana.

dilanjutkan melewati Hutan Sentul dan terakhir kamu akan melewati Nuansa Lembah Darmawan barulah sampai ke Pendopo Ciherang Sentul.

apabila kamu bingung dengan rute yang diambil bisa menggunakan bantuan google maps dibawah ini.

Google Maps

silakan ikuti petunjuk yang disarankan google maps untuk menuju tempat ini.

selain itu ketika berencana untuk berkunjung ada baiknya kamu melakukan reservasi dan mencari informasi terbaru supaya ketika sampai disana kamu tidak akan kaget jika terjadi perubahan mendadak.

kamu bisa mencari info terbaru melalui kontak dibawah ini.

Peraturan Terkait

setiap tempat hiburan atau tempat wisata pasti memiliki beberapa peraturan yang mesti dipatuhi oleh setiap pengunjung dan tidak berbeda juga dengan tempat ini.

adapun peraturanya adalah sebagai berikut.

1. Dilarang membuang sampah sembarangan

2. dilarang meludah karena demi etika dan kenyamanan bersama

3. dilarang merokok sepanjang area penginapan dan untuk merokok sudah disediakan area khusus merokok.

4. selalu gandeng dan awasi anak-anak karena terdapat beberapa area yang cukup berisiko untuk anak-anak.

5. dilarang membawa makanan dan minuman dari luar apapun bentuknya.

6. dilarang membawa minuman keras/ alkohol serta senjata tajam.

7. dilarang membawa peliharaan kedalam tempat wisata.

8. dilarang mengambil bunga didalam area tempat wisata.

itulah beberapa peraturan dan larangan kepada semua pengunjung dan diharapkan untuk dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Keluhan dan Saran

giya pendopo centul

ada beberapa kekurangan pendopo ciherang sentul ini dan banyak pengunjung yang mengeluh tentang beberapa hal, semoga beberapa keluhan dibawah ini bisa didengar oleh pihak pengelola supaya lebih meningkatkan pelayananya.

selain itu, beberapa keluhan dibawah ini bisa menjadi pertimbangan kamu ketika mengujungi tempat tersebut dan tidak kaget ketika sudah berada disana.

1. Harga Tiket Terkesan Over Price

dengan harga tiket segitu, apabila mempertimbangkan pemandangan yang disajikanya terlalu kurang. apalagi ketika pengunjung ingin menikmati wahana lain seperti kolam renang akan dikenakan biaya tambahan lagi.

terlebih pengunjung tidak mendapatkan karcis tiket masuk dan karcis kolam renang yang seakan pengunjung mendapat pungutan liar.

2. Cafe & Resto yang Belum Siap

tidak sedikit pengunjung yang mengeluh karena tidak terdapat buku menu kemudian ditambah dengan pelayanan makanan yang cukup lama untuk diantarkan.

untuk makanan bisa dibilang rasanya enak dan harganya masuk akal hanya saja tidak diberikan struk sebagai tanda bukti.

semoga kedepanya pihak pengelola bisa meningkatkan pelayanan di tempat ini dan itulah beberapa info yang idnwisata berikan mengenai griya pendopo ciherang sentul bogor, sampai jumpa ditempat menarik selanjutnya.

Widi Suseno
Widi Suseno Seseorang yang menyukai dunia pariwisata di Indonesia dan menghabiskan waktunya untuk menulis

Posting Komentar untuk "Griya Pendopo Ciherang Sentul: Review Harga Penginapan | Tiket Masuk & Lokasi"