Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Umbul Sidomukti Semarang, Ketahui Alamat, Harga Tiket Masuk, Jam Buka + Penginapan

Kota semarang bukan hanya terkenal dengan sebutan kota lumpia atau kota atlas saja namun juga terkenal dari ragam wisatanya, mungkin tidak seterkenal yogya ataupun bandung namun bukan berarti di sini tidak punya wisata keunikan yang bikin kangen.

Jika kamu menilik sebentar ke Bandungan tepatnya ke sidomukti kamu akan menemukan sebuah wisata unik nan menarik, yaitu bernama Umbul sidomukti. lalu ada hal unik apa di umbul sidomukti?


Mengenai Umbul Sidomukti


Umbul Sidomukti : Foto Cantik

Umbul sidomukti sendiri yaitu sebuah wisata perbukitan yang berada di kaki gunung unggaran, lokasinya sendiri berada di area perbukitan di atas ketinggian 1200 meter udara sejuk dan sedikit dingin bakal kamu rasakan saat berada di umbul sidomukti semarang ini.

Umbul Sidomukti Semarang sendiri di resmikan langsung oleh bupati semarang saat itu yaitu Ibu Hj. Siti Ambar Fathonah pada tanggal 2 Agustus 2007 dan mulai berkembang hingga saat ini sebagai destinasi wisata semarang khususnya kawasan bandungan.

Lalu Ada Apa Saja di Umbul Sidomukti?


Pasti pertanyaan ini bakal kamu tanyakan ya kan? selain pemandangan yang indah bukan main di umbul sidomukti juga punya keunikan yang pastinya bakal bikin kamu kesengsem yaitu adanya kolam renang genk, wah cuma kolam renang kok? eitss ini memang kolam renang namun kolam renang di umbul sidomukti ini unik loh yaitu dari desain menurun 3 tingkat mulai dari untuk dewasa dengan kedalaman 1,5 meter hingga untuk anak - anak dengan kedalaman kolam 30 cm.

Di bagian kolam paling atas sendiri terdapat sebuah air mancur dengan ketinggian 1,5 meter, oyaa menurut beberapa sumber kolam renang umbul sidomukti merupakan kolam tertinggi di indonesia loh malah bahkan se-asia.

Umbul Sidomukti : Kolam Renang

kolam renang ini memang unik genk namun bukan itu yang menjadikan kolam renang umbul sidomukti itu istimewa yaitu kolam renang outdoor yang juga menyajikan pemandangan pegunungan yang cantik bakal menghanyutkan suasana berwisata.

Karena lokasinya juga berada di area perbukitan sudah tentu udara di sini cukup sejuk dan dingin apalagi kalau kamu sambil berenang di suasana yang cukup panas bakal enak banget kayaknya tuh?

Selain kolam renang yang menjadi wahana favorit kamu masih bisa menemukan beberapa wahana lain di umbul sidomukti semarang ini seperti adanya Wisata Outbond. Kamu bisa mengasah adrenalin kamu bisa mampir ke spot wisata outbond taman berani yang juga cocok untuk di mainkan untuk anak - anak.

di taman berani sendiri terdapat sebuah gardu yang dapat anak - anak panjat menggunakan panjatan bambu dan tali, siapkan kamera kamu juga genk karena pemandangan dari atas gardu juga cantik banget.

Selain itu juga ada beberapa wahana uji keberanian lain seperti Marine Bridge, Flying Fox, ATV, Rapelling dan masih ada lainnya. oyaa kelupaan untuk masuk ke taman berani ada tiket masuk yang harus bayar seharga Rp. 10.000 saja.

Flying Fox


Salah satu wahana yang sudah pastinya ada di setiap wahana outbond yaitu Flying Fox di umbul sidomukti sendiri ada sebuah flying fox yang mana kamu akan meluncur dari ketinggian 70 meter di atas tali sepanjang 110 meter. ketegangan sensasi meluncur bakal bikin jantung deg deg-an. oyaa buat kamu yang ingin menjajal wahana flying fox ini kamu perlu membeli tiket sebesar Rp. 18.000.

Nah sebelumnya ada yang unik dari flying fox di umbul sidomukti ini yaitu adanya sistem terusan yang artinya terdapat 2 gardu, gardu pertama memiliki tinggi 110 meter dan yang kedua adalah 70 meter. dari gardu pertama menuju gardu kedua berjarak 160 meter lalu di lanjutkan dengan panjang 110 meter, tarif untuk tiket terusan ini sebesar Rp. 35.000 saja genk.

ATV


Seperti yang di katakan tadi kalau di sini juga tersedia wahana ATV, wahana permainan ini memiliki harga tiket sebesar Rp. 25.000 pada hari biasa dan Rp. 35.000 pada akhir pekan atau hari llibur. kamu bisa mencoba mengendarai ATV berjalan di atas medan yang terjal dan naik turun maupun jalan yang berlumpur. seru dan menegangakan mungkin yang bakal kamu rasakan.

Marine Bridge


Umbul Sidomukti : Marine Bridge

Ada lagi wahana ekstrem yang bisa kamu jajal yaitu marine bridge, marine bridge sendiri yaitu sebuah jembatan tali setinggi 30 meter dan memiliki panjang 50 meter. waduh gimana tuh pasti ngeri - ngeri sedap? haha.

Highest Triangle


Wahana lain yang tidak kalah menegangkan yaitu highest triangel yang mana ini adalah sebuah setapak jembatan kayu kecil dan sebuah tali. menegangkan iya bikin ketagihan pastinya iya.

Main Paralayang


Ingin mencoba terbang di angkasa? mencoba bermain wahana paralayang layak kamu coba, untuk mencoba bermain paralayang hal pertama adalah membeli tiket di Lesehan Ikan Bakar seharga Rp. 350.000 lalu kamu akan di antar ke kaku Gunung Unggaran. sensasi terbang selama 15 menit saja sudah cukup untuk membuat sebuah pengalaman yang menegangkan.

Sepeda Downhill


Wahana ekstrem lain yaitu bermain sepeda Downhill, wahana ini cocok buat kamu yang suka main sepeda di alam bebas. menggoes sepeda melalui jalan yang terjal pasti punya sensasi tersendiri yang asik.

Menunggang kuda


Kalau tadi adalah wahana - wahana ekstrem yang tidak di sarankan untuk anak - anak sekarang wahana yang aman untuk anak - anak yaitu menunggang kuda, dengan membayar tiket sebesar Rp. 50.000 anak - anak bisa merasakan menunggang kuda selama 30 menit.

Camping Ground


Ingin camping juga? bisa kok. di umbul sidomukti semarang juga terdapat area Camping Ground yang ada khusus buat kamu yang ingin mencoba bermalam di alam terbuka. tiket sewa tempat camping ground ini yaitu sebesar Rp. 18.000/orang selain itu juga terdapat paket dome dengan jumlah 3 orang harganya Rp. 45.000.

Kalau kamu tidak ingin repot membawa tenda ataupun barang lainnya pihak pengelola juga menyediakan tempat penyewaan alat - alat camping contoh seperti matras dengan harga sewa Rp. 5.000 lalu ada sleeping bag seharga Rp. 8.000. Ada informasi katanya kalau kamu berencana camping secara rombongan maka kamu perlu surat izin resmi dari organisasi kamu sendiri.

Taman Kelinci


Selain Ada wahana - wahana ekstrem di umbul sidomukti semarang juga punya taman kelinci, lokasinya berada di Taman Kelinci Pondok Panorama berfoto bersama kelinci yang lucu mungkin ide yang bagus genk.

Goa Tirta


Umbul Sidomukti : Goa Tirta Mulya

goa tirta sendiri merupakan sebuah wisata baru di umbul sidomukti, goa buatan ini sekaligus menjadi pelengkap wisata di umbul sidomukti. goa sepanjang 135 meter ini patut kamu kunjungi pesona dari dalam goa serta keindahan yang bakal bikin kamu tidak bisa berkata apa - apa. nah keindahan dari goa ini pun sampai - sampai tempat ini sering di jadikan tempat pre-wedding namun kamu harus nabung dulu karena cukup mahal genk.

Area Memanah


Umbul Sidomukti : Area Memanah

spot satu ini biasanya di gunakan oleh anak - anak yang ingin belajar memanah karena di area ini ada pemanah profesional yang bakal mengajari memanah yang baik.

Fasilitas Umbul Sidomukti


dari segi fasilitas sendiri ada beberapa fasilitas wisata yang cukup lengkap seperti adanya,


  • Cafe
  • Outbond
  • Area Bermain Kuda
  • Toilet
  • Mushola
  • Area Parkir
  • Penginapan
  • Tempat Makan
  • Camping Ground Area
  • Dan lainnya.


Makanan Umbul Sidomukti


Sudah puas bermain wahana seru di umbul sidomukti? saatnya kita mengisi perut genk! salah satu tempat makan di umbul sidomukti adalah pondok lesehan yang menyediakan ikan air tawar namun hanya beberapa menu makanan saja yang menyediakan makanan laut seperti cumi, kepiting, udang.

Untuk kamu yang tidak begitu suka ikan - ikanan bisa juga tersedia aneka daging sapi, iga, jamur, tempe tahu, dan ayam lalu ada capcay yang merupakan makanan khas bandung. suka sayuran juga? di sini juga ada sayur - sayuran lalap, sayur asem, karedok, tumis kangkung, ca brokoli, dan masih banyak lainnya.

Umbul Sidomukti : Menu Makanan Umbul Sidomukti

Lokasi Umbul Sidomukti Semarang


Lokasi umbul sidomukti sendiri beraada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah jaraknya kurang lebih 50 km dari kota semarang mungkin bisa di tempuh dalam waktu 90 menit.

Jika kamu membutuhkan peta umbul sidomukti kamu bisa lihat peta di bawah ini,


Jalan Menuju Umbul Sidomukti


ada beberapa jalan menuju umbul sidomukti yang bisa kamu gunakan, rute berikut mungkin bisa kamu gunakan untuk berangkat menuju umbul sidomukti.

1. Dari Arah Semarang


jika kamu dari arah semarang rutenya pertama bisa ambil jalan yang menuju ke unggaran setelah sampai di SPBU lemah abang kamu akan menemukan gapura yang bertuliskan wisata gedong songo kamu masuk lalu ikuti saja jalan sampai di pasar kamu akan menjumpi gang yang bertuliskan wisata umbul sidomukti.

2. Solo/Klaten


Kalau kamu dari arah solo ataupun klaten pertama pilih rute dari semarang menuju surakarta sampai di rumah sakit ken saras kurang lebih 500 meter kamu juga akan menjumpai gerbang bertuliskan wisata gedong songo kamu masuk saja jalan hingga sampai di pasar jimbaran tepat depan pasar kamu akan melihat gank masuk lalu ikuti jalan hingga sampai di umbul sidomukti.

3. Yogyakarta


Kamu dari arah yogyakarta? pertama pilih jalan dari jogaj yng menuju ambarawa hingga sampai di kota semarang pilih dan ikuti jalan yang ke arah bandungan. setelah sampai di candi gedong songo masuk ke pasar jimbaraan lalu ikuti seperti tadi.

4. Purwodadi


Jika kamu dari arah purwodadi, grobogan juga sekitarnya  pertama bisa dari purwodadi - godong - gubug - kedungjati - lalu tuntang sampai bergas lalu ke bandungan. tepat di pos polisi tuntang kamu pasti akan melihat pertigaan pilih saja ke arah kanan yang menuju ke semarang. lalu ikuti seperti di atas dari arah semarang.

Tiket Masuk Umbul Sidomukti


Tiket umbul sidomukti dengan harga Rp. 5.000 saja lalu buat kamu yang ingin masuk ke kolam renang harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000.

Jam Buka Umbul Sidomukti


Jam operasional dari umbul sidomukti buka dari jam 08.00 - 24.00 WIB kamu bisa datang pada waktu buka tersebut. ataupun kamu ingin informasi yang lebih lengkap kamu bisa hubungi nomor telepon (0298) 7137009-10 atau 082892031261-62.

Penginapan Umbul Sidomukti


Berencana bermalam di umbul sidomukti? maka kamu perlu tahu beberapa penginapan ini,

1. Family Fun Resort


Lokasinya yang berada di jalan masuk ke umbul sidomukti membuat wisata ini mudah di temukan, fasilitas kamar seperti TV, Wi-Fi, air hangat, sarapan, juga jika kamu menginap di sini kamu bisa gratis masuk ke Umbul Sidomukti juga pondok kopi.

Ada pilihan kamar yang bisa kamu sesuaikan yaitu Standart, Superior, Deluxe, dan Family fasilitas untuk tipe standart terdapat 2 tempat tidur, 2 bed type double, 4 bed single.

Untuk harga permalamnya sendiri sebesar Rp.550.000 pada hari biasa dan Rp. 700.000 pada akhir pekan, pada jenis kamar Superior kamu akan mendapatkan TV, Wifi, dan 2 double bed harganya sendiri mulai Rp. 650.000 pada hari biasa dan Rp. 800.000 pada akhir pekan.

2. Pondok Kopi


Sebuah penginapan di umbul sidomukti yaitu pondok kopi umbul sidomukti yang memiliki pemandangan alam yang bagus.penginapan ini mempunyai 5 macam penginapan yaitu Bougenville, Edelwueis, Dahlia, Alamanda, Cempaka.

Alamanda dan Bougenville sebuah penginapan dengan tema perumahan minimalis dengan beberapa fasilitas kamar seperti Wifi sampai sarapan, penginapan ini bisa di gunakan untuk 4 orang dengan biaya sewa sebesar Rp. 700.000 hari biasa dan Rp. 900.000 pada akhir pekan maupun liburan.

Di penginapan Edelweid, Cempaka, Dahlia bangunanannya lebih besar dan juga terdapat teras beserta ruang tamu. di bagian kamar sendiri terdapat 1 tempat tidur pada kamar utama juga 1 single bed. harga sewa permalam mulai dari Rp. 800.000 hari biasa dan Rp. 1.200.000 hari liburan juga akhir pekan.

3. Homestay Pinus


Jika kamu baru ke sini mungkin kamu akan mengira ini rumah penduduk biasa ini karena desain bangunan ini yang sederhan namun terkesan nyaman dinding rumah terbuat dari kayu hingga dekorasi lainnya.

Lokasinya yang berada di tengah perkebunan membuat suasana makin asri dan nyaman, penginapan ini memiliki fasilitas mulai dari dapur, TV, kamar mandi, ruang keluarga, area bersantai. homestay pinus juga bisa di tinggali oleh 8 orang yang berisi 2 kamar tidur, di kamar pertama bisa di gunakan 6 orang lalu kamar kedua bisa gunakan 2 orang. nah untuk biaya sewanya Rp. 1.000.000 hari biasa dan Rp. 1.600.000 pada akhir pekan atau hari liburan.

Wisata Sekitar Umbul Sidomukti


1. Candi Gedong Songo


Wisata populer di semarang ini bisa kunjungi genk dengan jarak kurang lebih 3,8 kilometer kamu bisa kunjungi dengan waktu tempuh 30 menitan.

2. Setiya Aji Flower Farm


Taman bunga yang cantik sekaligus romantis setiya aji flower farm boleh jadi kunjungan kamu berikutnya, jaraknya yang dekat dan hanya butuh waktu tempuh 20 menit saja loh.

3. Candi Maria Kerep


Wisata ini mungkin cocok untuk kamu yang ingin menengkan pikiran, suasananya yang tenang juga asri bakal bikin kamu betah.

4. Taman Bunga Celosia


Salah satu taman cantik di semarang yang sayang banget kamu lewatin, berjarak kurang lebih 5 kilometer coba deh kunjungi taman bunga satu ini.

5. Curug 7 Bidadari


Nuansa tenang juga adem dari air terjun curug 7 bidadari bakal menghipnotis kamu untuk terus berada di sana genk, curug indah ini hanya berjarak 10 kilometer saja loh.


Kesimpulan :

HTM : Rp. 5.000
Peta : Peta Google
Jam Buka/Tutup : 08.00 - 24.00 WIB
Alamat : Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Nomor Telp : (0298) 7137009-10 atau 082892031261-62.

1 komentar untuk "Pesona Umbul Sidomukti Semarang, Ketahui Alamat, Harga Tiket Masuk, Jam Buka + Penginapan"