Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Slili, Pantai Cantik Asal Gunung Kidul Jogja!

Foto Pantai Slili
Kamu sudah tahu kan kalau gunung kidul itu terkenal dengan pantai - pantainya yang indah? banyak wisata pantai dari gunung kidul yang terkenal dan namanya sudah tidak asing lagi sebut saja pantai sadranan, pantai indrayanti, dan yang akan kita bahas adalah pantai slili.

mengenai pantai slili sendiri pantai di gunung kidul satu ini tepatnya terletak di desa sidoharjo, kecamatan tepus pantai yang terletak di antara pantai ngandong, pantai sadranan dan pantai krakal yang di pisahkan oleh 2 buah bukit.


Garis pantai pantai slili sendiri sebenarnya cukup kecil yaitu hanya seluas  100m persegi saja, cukup kecil bukan? walaupun begitu yang menjadi jempolan di pantai slili adalah suasana alamnya yang tidak kalah dari pantai - pantai di sebelahnya.

Sejarah pantai slili dari penamaannya sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu mili yang artinya mengalir, mitosnya dulu ada seorang pencari rumput laut yang tidak sengaja menemukan goa di pantai karena terkejut ia pun memberitahukan ke warga lainnya warga yang penasaran datang lalu menggali lubang gua tersebut tak lama kemudian munculah air yang mengalir dari goa itu dari sinilah asal muasal penamaan pantai slili.
Foto Rumput Laut di Pantai Slili

Ada Apa Saja di Pantai Slili?

Pantai slili sendiri lebih di kenal oleh warga dengan sebutan Pantai Watu Lawang hal ini merujuk pada banyaknya batuan karang yang besar dan menjulang tinggi dan di bawahnya terdapat pulau pulau kecil yang menyerupai pintu. lalu aktifitas apa saja yang bisa kita lakukan di sini?

1. Menikmati Panorama Pantai

Foto Pantai Slili Snorkling
Kegiatan pertama ini sudah pasti harus kamu lakukan datang ke pantai tanpa menikmatinya bagai sayur tanpa garam genk hehe, bersantai di gazebo dan di temani cemilan bukankah mantul banget? selain itu jika kamu ingin snorkling di pantai slili juga tersedia jasa penyewaan alat snorkling.

2. Menangkap Biota Laut

Menangkap biota laut juga bisa kamu lakukan genk pada musim kemarau biasanya pantai akan sedikit surut dan kamu akan dengan mudah melihat udang - udang juga ikan terlihat bersembunyi di batu karang, biasanya warga sekitar pun melakukan aktifitas di sini.

3. Tradisi Pesta Laut

Di setiap tahunnya pantai slili selalu mengadakan sebuah tradisi yang di namankan sadranan para warga melakukan ini dengan harapan agar di beri keselamatan dan mendapat hasil panen yang melimpah. sajian seperti tumpeng lengkap dengan lauk lalu di hanyutkan ke tengah laut dengan menggunakan kapal.

Rute Pantai Slili

Perjalanan sendiri jika kamu memulai dari kota jogja akan menempuh sekitar 3 jam perjalanan jaraknya yang di tempuh mungkin sekitar 80 kilometer, untuk rute pantai slili sendiri tidak terlalu sulit namun jika ini pertama kali kamu jalan - jalan di gunung kidul mungkin akan sangat berguna.

Rutenya jika kamu dari arah jogja atau juga solo akan melewati jalan yang sama yaitu Wonosari, sesampainya di Wonosari terdapat dua jalur perjalanan yang bisa kamu pilih yaitu melewati tepus lalu ke indrayanti, sundak, krakal, lalu akan sampai di pantai slili.

dan yang kedua setelah kamu sampai di Wonosari lanjut perjalanan menuju ke baron jika sudah sampai di pertigaan TPR pantai baron belok saja ke kiri menuju ke pantai kukup, sepanjang, lalu ke pantai drini, sarangan, lalu krakal.

alamat pantai slili sendiri berada di Jl. Pantai Krakal, Deso Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. kamu bisa lihat peta di bawah ini untuk tentukan rute terbaik dan termudah bagi kamu lakukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Slili

Di daerah gunung kidul kini pada tahun 2019 telah menetapkan peraturan baru genk pengunjung yang datang harus membeli tiket terusan artinya kamu bisa mengunjungi beberapa wisata hanya satu tiket saja, begitu juga dengan pantai slili ini tiket masuk juga berlakukan sama dengan tiket terusan kamu bisa mengunjungi deretan di pantai baron. tiket masuk pantai slili yang di tetapkan untuk saat ini sebesar Rp. 10.000 bukankan cukup murah genk? dengan tiket masuk segitu bisa masuk ke beberapa pantai. Namun untuk tiket parkir di kenakan biaya berbeda, biaya parkir untuk motor sebesar Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000, dan bus Rp. 15.000.
Foto Cantik Pantai Slili Snorkling

Penginapan di Pantai Slili Wonosari

Buat kamu yang berencana menginap di sekitaran pantai slili kamu tidak perlu pusing genk karena banyak banget penginapan yang bisa kamu pilih, dan di bawah ini ada beberapa penginapan yang bisa kamu coba.

1. Litelfis Homestay

Dengan lokasinya yang sangat dekat dengan bibir pantai slili penginapan Litelfis Homestay ini bisa kamu pertimbangkan genk, dengan biaya permalam sekitar Rp. 650 ribuan kamu sudah bisa menginap dengan nyaman. beberapa fasiitas yang bisa kamu dapatkan seperti dapur 3 kamar, ruang tamu, ruang santai. untuk info lebih lengkap kamu bisa hubungi nomor 081328496177.

2. Penginapan Slili

Penginapan lain yang memiliki posisi dekat pantai adalah penginapan slili, dengan jarak penginapan dengan bibir pantai 10 meter bukankan sangat dekat genk? fasilitas yang di dapat juga lumayan sebut saja TV, kasur, kamar mandi dalam, fan. untuk biaya menginap juga murah hanya sekitar 100 ribu hingga 300 ribuan saja permalam. no telp. 082322521588 atau 082233270858.

3. Losmen Machiko

Lokasinya yang tepat di pintu masuk pantai slili dan pantai sadranan membuat penginapan ini bakal mudah kamu temukan. bukan hanya dekat dengan wisata pantai slili penginapan Losmen Machiko juga dekat dengan wisata pantai lain seperti Pantai Ngandong, Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, juga Pantai Sundak. ada pilihan kamar menginap di Losmen Machiko untuk biaya Rp. 250 ribu dengan TV dan Rp. 200 ribu tanpa TV. untuk kamar mandi semua sudah ada di dalam.

Posting Komentar untuk "Pantai Slili, Pantai Cantik Asal Gunung Kidul Jogja!"